WIND, julukan untuk antarmuka Windows 8

Berawal dari dipublikasikannya paket driver kartu grafis baru Nvidia Quadro 265, ada sedikit petunjuk dan indikasi bahwa Microsoft sedang dalam proses pengerjaan projek antarmuka baru (vNext) untuk sistem operasi setelah Windows 7. Hal ini terlihat dari sebagian deskripsi dalam driver tersebut sebagai berikut:

NVIDIA Windows Vista / 7 / 8 (64 bit) Display INF file
DiskID1 = “NVIDIA Windows Vista / 7 / 8 (64 bit) Driver Library Installation Disk 1″
NVIDIA_WIN8 = “NVIDIA”

Driver tersebut menunjuk pada sistem operasi 64 bit, nomor rilis kernel 6.2, serta nama sistem operasi Windows 8. Perlu diketahui bahwa nomor rilis kernel yang digunakan oleh Windows 7 adalah 6.1. Sistem operasi Windows 8 itu sendiri menurut rencana akan mulai dirilis secara resmi pada tahun 2012.

Menurut kabar, antarmuka baru bersandinama WIND tersebut akan memerlukan memori kartu grafis yang cukup tinggi, minimal 170MB, aktif utamanya di Windows 8 versi 64 bit, bercorak desktop 3D penuh, serta lebih dinamis dalam hal menyesuaikan diri dengan kebiasaan pengguna (mirip dengan konsep antarmuka pada Windows 7 Mobile).

Antarmuka WIND akan menjadi evolusi dari antarmuka Aero yang dimiliki oleh Windows 7 dan menambahkan dukungan terhadap monitor-monitor lama. Pada setelan standar, WIND akan melakukan hibernasi dalam waktu idle 3-6 detik dan menyimpan perubahan dokumen yang sedang terbuka maupun konfigurasi aplikasi yang sedang berjalan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s